pemilihan presiden

5 Fakta Presiden Kita, Joko Widodo

Seperti yang kita semua ketahui, Joko Widodo merupakan presiden ke 7 Republik Indonesia. Namun, beliau merupakan presiden pertama yang berasal dari lingkar luar elit Jakarta.

Ia tidak memiliki latar belakang militer atau berasal dari dinasti politik yang kuat, ia juga dikenal senagai sosok yang sederhana.

Walau dianggap dekat dengan rakyat, namun ia tetap memiliki fakta unik yang menarik dan jarang diketahui.

Mau tahu? Yuk simak dibawah ini.

5 Fakta Presiden Jokowi, Sederhana Tapi Tetap Keren

Selama menjabat di pemerintahan, Jokowi terkenal dengan hobi nya yang suka turun langsung untuk melhat kondisi masyarakat.

Selain kepiawaiannya dalam memimpin, Jokowi rupanya juga menyimpan segudang kisah hidup dan fakta unik yang tidak boleh dilewatkan.

1.Asal Mula Nama

Tak banyak yang mengetahui bahwa nama Jokowi ternyata bukan hanya sekedar iseng. Nama tersebut memiliki sejarah yang menarik dari kesehariannya sebagai eksportir mebel.

Perusahaan furniture milik Jokowi yag bernama CV Rakabu konon didatangi seorang oembeli asal Prancis bernama Bernard Chene.

Di lingkungan Solo, Jawa Tengah, Joko merupakan nama yang kerap digunakan sehingga orang asing seperti Bernard kesulitan membedakan satu sama lain.

“Saya bertemu dengan pembeli mebel dari Prancis bernama Bernard Chene. Ia memberi sebutan Jokowi untuk sayam untuk membedakan Joko Eidodo dengan Joko lainnya. Sejak saat itu, orang-orang disana memanggil saya Jokowi.” Ungkapnya di vlog pribadinya.

2.Pernah Ganti Nama

Sebelum menyandang nama Joko Widodo, Jokowi awalnya bernama Mulyono. Kedua orang tuanya lalu mengganti nama tersebut menjadi Jokowi karena ia sakit-sakitan.

Menurut kepercayaan Jawa, anak kecil yang sering sakit-sakitan, harus segera berganti nama. “Boleh tidak percaya, saya kemudian tumbuh sehat” katanya.

3.Pecinta Minuman Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang sering diolah menjadi minuman jamu tradisional.

Temulawak ini mempunyai berbagai mafaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, tumbuhan ini terbukti ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan, peradangan, osteoarthritis, hingga gangguan liver.

Jokowi mengaku bahwa segelas temulawak adalah minuman wajibnya setiap pagi sebelum mulai bekerja. “Kalau mau agak enak, biasanya dicampur sedikit jahe” ujarnya.

4.Rata-Rata Tidur Dua Jam Sehari

Sebagai seorang pemimpin negara, padatnya agenda hingga serangkaian perjalanan dinas tentu saja menyita waktu istirahat Jokowi hingga tidak bisa tidur sesuai jadwal.

Menurut pengakuannya, rata-rata waktu tidur beliau ialah 2 jam sehari. Padahal, orang dewasa berusia 24 – 64 tahun membutuhkan waktu tidur 7 – 9 jam per hari.

Untuk melengkapi waktu tidur yang kurang itu, Jokowi senantiasa menyempatkan beristirahat sejenak di setiap perjalanan yang dilakukannya.

“Kalau dalam perjalanan di mobil 15 menit, di pesawat setengah jam.” Ucap Jokowi. Menurut cerita pegawai kantor Staf Presiden Happy Kurniawan Harianto, Jokowi selalu tidur diatas jam 00.00 malam karena kesibukannya.

“Pak Jokowi tuh ngobrol sebentar, gak sampai 10 menit bisa tertidur” ucapnya.

5.Jarang Sarapan Dan Menyukai Makanan Sederhana

Beda dengan kebanyakan orang pada umumnya yang mengonsumsi sarapan, Jokowi rupanya jarang makan berat saat mengawali rutinitas pagi hari.

Ia terkadang hanya mengisi perut dengan makanan ringan seperti telur rebus. Untuk makanan sehari-hari, Jokowi juga lebih menyukai menu tradisional sederhana seperti nasi liwet, sayur asem, dan tempe.

Biasanya jika tidak menyantap telur rebus, ia hanya meminum jamu, madu, atau air putih di pagi hari. Jamu favoritnya adalah campuran temulawak, jahe, dan kunir.

Itulah 5 fakta menarik tentang Jokowi. Wah, ternyata presiden kita adalah orang yang sangat sederhana dan pekerja keras ya. Semangat pak Presiden!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *