Indonesia merupakan salah satu negara yang menerapkan sistem pemerintahan, dimana terdapat cara memilih presiden Indonesia yang benar. Setiap 5 tahun sekali pemerintah & semua warga di seluruh tahun selalu mengadakan pergantian presiden baru, namun ada juga beberapa kandidat yang berhasil memenangkan kedudukan tersebut. Sehingga menempati & mendaptkan peran besar menjadi presiden tersebut dalam beberapa dekade. Dal pemilihan umum ini cukup mudah, dimana harus ada beberapa calon peserta yang telah dianggap layak & sah oleh panitia dalam mengikuti pemilihan tersebut.

Sebagi salah satu warga dari tanah air ini, maka kalian masyarakat juga berperan paling penting untuk memilih dengan benar calon pemimpin bangsa Indonesia. Karean semua kebijakan & aturan negara merupakan salah satu cara nan bakal diberlakukan demi kemajuan semua orang. Kalian harus cerdas dan mengerti terlebih dahulu tujuan & rencana semua calon yg mendaftar, sehingga tidak bakal salah pilih presiden nantinya. Jika telah memiliki salah satu nama kandidat maka tiba lah waktunya bagi kamu untuk mencoblos. Dengan panduan benar dibawah ini, maka anda berhak mengikuti proses pemilu bersama.

Cara Memilih Presiden Indonesia Yang Akurat Dengan 2 Syarat

Cara Memilih Presiden Indonesia

Pastinya kalau kamu penduduk asli Indonesia mempunyai hak besar, dalam bebas memilih calon presiden terbaik bagi negeri Indonesia. Nah jika tidak ingin Golput pada sesi pemilihan kandidat presiden nan hanya ada 5 tahun sekali ini, maka ikutilah panduan yg berlaku.

  • Nama WAJIB Terdaftar Sebagai DPT

Setipa calon yang akan mencoblos sangat wajib mendaftarkan nama mereka terlebih dahulu sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap). Beberapa hari sebelum tiba bari pemilu presiden kamu bisa daftar, dengan beberapa syarat : Minimal umur 17th, Memiliki KTP, dan lokasi Domisili yang terdaftar. Untuk mengetahui apakah kamu sudah termasuk sebagai anggota DPT bisa langsung datang kepada kantor desa/kelurahan domisili. Jika malas bisa melalui media online yaitu tinggal mengakses pengecekan pada website resmi Pemilu.

  • Hadir ke-TPS Bawa KTP & Surat C6

Setelah tiba harinya untuk mencoblos maka datanglah sebelum jam 12 siang, serta bawa semua bukti-bukti diperlukan seperti KTP & Surat C6 mu. Namun sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang pemerintah telah memberlakukan E-KTP / kartu pengenal penduduk elektronik sebagai syarat resmi mengikuti pemilu presiden. Jadi anda harus mengurusnya sebelum sesi pencoblosan, karena ada beberapa syarat harus dipenuhi dalam mendapatkan E-KTP tersebut.

Itu lah 2 hal WAJIB dipenuhi jika mau mengikuti pemilihan presiden di negara Indonesia. Demikian informasi yang bisa kami bagikan kepada anda, semoga bermanfaat & terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *