Pembongkaran Kawasan Prostitusi Kalijodo

Pembongkaran Kawasan Prostitusi Kalijodo

Salah satu projek yang berhasil diwujudkan Ahok ketika masih mennjabat menjadi Gubernur adalah menutup kawasan prostitusi di kawasan Kalijodo. Sebanyak 1.600 personel satpol PP, kepolisian, dan TNI dikerahkan untuk membongkar 150 bedeng liar yang dijadikan tempat tinggal dan 14 bedeng yang dijadikan kafe di kolong tol dekat RPTRA Kalijodo.

Pembongkaran Kawasan Prostitusi Kalijodo

Sebelum tempat ini dikosongkan, tentunya Ahok sudah melakukan banyak survei dan cipta kondisi agar warga tidak tinggal di tempat tersebut. Warga yang tinggal disekitar kawasan Kalijodo dengan indentitas domisili Jakarta, akan diberikan tempat tinggal sebagai pengganti. Dan pendatang diminta untuk pulang ke domisili asalnya.

Kontroversi Pembongkaran Kawasan Prostitusi Kalijodo

Tokoh masyarakat Kalijodo Abdul Kadir mengatakan sebagian bekas penghuni lokalisasi itu pindah lagi ke kolong tol. Menurut dia, jumlahnya 130-an kepala keluarga sebelum digusur, lokalisasi Kalijodo dihuni 600 keluarga. Mereka telah digusur dari Kalijodo oleh Pemerintah DKI Jakarta pada 29 Februari 2016.

Proyek pembongkaran kawasan kali jodoh yang menjadi markas bagi warga yang bekerja sebagai PSK. Hal ini membuat para pekerja seks komersil (PSK) di lokasi itu bermigrasi ke daerah-daerah. Kondisi tersebut membuat resah warga yang daerahnya dijadikan tempat migrasi para PSK eks Kalijodo.

Kontroversi Pembongkaran Kawasan Prostitusi Kalijodo

Artikel Sebelumnya : YouTube Larang Iklan Politik hingga Alkohol

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Khrisna Murti mengunjungai lokasi penggusuran Kalijodo. Ia mengaku hanya ingin melihat proses pembongkaran bangunan di kawasan tersebut sembari mengenang masa lalu di sana. Menurutnya, Kalijodo tepat dijadikan taman sehingga warga Jakarta punya tempat bermain.

Sampai saat ini, petugas masih melakukan penertiban di lokasi tersebut dengan menggunakan alat berat. Kalijodo ini legendaris, ini juga bisa menjadi daerah tujuan baru wisata Jakarta. Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi mengatakan, saat ini tinggal tersisa 10 persen bangunan yang masih berdiri di kawasan Kalijodo.

Demikianlah informasi yang kami sampaikan dalam artikel kali ini. Nantikan selalu berbagai informasi dan berita terbaru lainnya untuk mengenal dan mengetahui situasi politik dalam dan luar negeri yang sedang terjadi dari seluruh belahan dunia.