bisnis franchise yang menjanjikan

Rekomendasi Bisnis Franchise Yang Bisa Dicoba Pada 2023 ini

Bagi kalian yang sedang ingin memulai bisnis, maka model bisnis franchise bisa juga menjadi pilihan. Apalagi cukup banyak brand yang hadir dalam menawarkan pake waralaba atau kemitraan mulai dari makanan, minuman, air isi ulang hingga gerai retail.

Meskipun pada tahun 2023 ini, dunia masih terbayang-bayang ancaman resesi. Tetapi yakin saja tidak akan mempengaruhi prospek bisnis franchaise. Bahkan omset bisnis franchaise akan bertumbuh dengan signifikan dan masih memiliki peluang bisnis yang menjanjikan pada tahun-tahun mendatang.

Deretan Beberapa Pilihan Bisnis Franchise Yang Ramai Diperbincangkan

Buat kalian yang masih mencari tahu, brand franchaise apa saja yang banyak orang tertarik, berikut ini adalah sederet pilihan bisnis franchaise yang sempat ramai orang perbincangkan pada tahun 2022 kemarin dan mungkin bisa kalian jadikan peluang usaha pada tahun 2023 :

1. Franchise Mixue Ice Cream & Tea

Brand franchaise minuman es krim dan teh boba yang berasal dari Negara China yang sudah berdiri sejak tahun 1997 ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2020 dengan cabang pertamanya di kota Bandung dan mulai meluas ke sejumlah kota besar Indonesia.

Meskipun telah hadir sejak tahun 2020, nama Mixue kembali viral sekitar bulan April hingga Mei 2022. Pada saat itu, banyak influencer yang me-review tentang ice cream tersebut karena memiliki harga yang relatif terjangkau. Start 8 ribu saja kalian sudah bisa menikmati ice cream Mixue ini. 

Lalu, untuk harga franchaise dari ice cream mixue ini kalian harus menyiapkan modal awal dulu setidaknya mulai dari 700jt.

2. Franchise Indomaret

Bisnes retail selalu menjadi bisnis pilihan dengan peluang yang sangat menjanjikan. Tidak mengherankan juga bila gerai retail mendominasi dalam perkembangan bisnis franchise. Salah satu gerai retail yang terus konsisten melakukan ekspansi sejak berdiri pada tahun 1988 adalah Indomaret. Perusahaan ini berada pada naungan PT Indomarco Prismatama.

Setelah 34 tahun malang melintang pada dunia retail, pada tahun 2022 tepatnya pada tanggal 20 Juni 2022, Indomaret resmi membuka ferai ke 20.000 sekaligus mengkokohnya sebagai jaringan retail dengan gerai terbanyak di Indonesia.

Selain mengembangkan sayap bisnisnya melalui operasional sendiri, sejak 1997 Indomaret juga menawarkan paket franchise hingga Mei 2022 sudah tercatat sudah ada 5.000 cabang Indomaret. Bagi kalian yang ingin mengikuti bisnis franchise ini bisa menyiapkan modal sekitar mulai dari 500juta.

3. Es Teh Indonesia

Es teh Indonesia menjadi salah satu brand minuman kekinian yang sedang naik daun pada tahun 2022 kemarin. Apalagi semenjak Nagita Slavina menjadi Chief Executive Officer (CEO) Esteh Indonesia pada Juli 2022.

Masuknya Nagita Slavina dalam management Esteh Indonesia juga telah berharap bisa mendorong bisnis ini agar lebih baik lagi dari sisi kualitas produk, pelayanan. Sekaligus untuk menancapkan kaki sebagai pioner serta market leader F&B Indonesia yang akan mendunia.

Terhitung semenjak Desember 2022, Esteh Indonesia telah memiliki lebih dari 1000 kebun atau cabang yang 69,5% diantaranya berada pada Pulau Jawa dan sisanya 30,5% berada pada luar Jawa.

4. Air Minum Biru

Air minum sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia. Namun sayangnya, tidak semua air bersih dan higienis. Sehingga banyak masyarakat yang menggunakan air galon atau air dalam kemasan.

Namun, jika kita harus membeli air galon terus-terusan tentunya makin boros. Solusinya adalah dengan membeli air isi ulang. Dengan kondisi ini jelas akan menjadi peluang yang prospektif bagi bisnis depo air minum isi ulang karena peluangnya tidak akan pernah mati.

Dari beberapa deretan merk franchaise Indonesia, Depo Air Minum Biru menjadi salah satu dari tiga merk yang telah ternilai baik untuk merima penghargaan. Dan bersanding dengan merk Indomart & Alfamart.

Bagi kalian yang berminat, investasi awalnya mulai dari 500juta Rupiah (belum termasuk lokasi dan renovasi) dengan jangka waktu waralaba 10 tahun.